Kamis, 25 Oktober 2012

LUNTURNYA BUDAYA INDONESIA AKIBAT GLOBALISASI


Selamat malam kawan-kawan,
Sebelumnya saya mau cerita ni, pada sadar gak sih kebudayaan yang kita miliki sekarang udah mulai luntur sedikit demi sedikit dalam diri kita sendiri, hal kecilnya deh dari mulai bahasa, pasti remaja sekarang udah pada malu buat berbicara ke sesamanya pake bahasa daerah, bener gak sih bener gak. Itu salah satunya dan  ada lagi ni kalian pasti udah pada malu kalau maen maenan tradisional kaya congklak, lompat karet, dll. Ya yang gak jauh karena semakin meningkatnya teknologi yang membuat permainan tradisional itu sedikit demi sedikit mulai menghilang. Anak-anak dan remaja sekarang lebih sering bermain computer tablet atau game online ketimbang maen permainan yang tradisional. 




Oke, sebelum mengarah ke lebih lanjut ni ceritanya kita cari tau dulu ni pengertian globalisasi itu apa. Gue mengutip di salah satu website terbesar yaitu wikipedia ini dia menjelaskan arti dari globalisasi dan ini hasilnya :
Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.

Oke sekarang kalian udah ngerti apa belum tentang globalisasi ? Kalau udah ya itu salah satunya kenapa budaya indonesia bisa luntur dikalangan remajanya atau masyarakat indonesianya sendiri. Globalisasi memengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya aspek budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan/psikologis, yaitu apa yang terdapat dalam alam pikiran. Aspek-aspek kejiwaan ini menjadi penting artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Sebagai salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalah kesenian, yang merupakan subsistem dari kebudayaan.

Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini ( Lucian W. Pye, 1966 ).

Namun, perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal ke-20 dengan berkembangnya Teknologi Komunikasi. Kontak melalui media menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antar bangsa. Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antar bangsa lebih mudah dilakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan.

Akibat cepatnya perkembangn globaliasasi menyebabkan kebudayaan luar terutaman budaya barat menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Bangsa Indonesia cenderung menerima dan menerapkan budaya barat pada kehidupannya terutama anak muda. Mereka menerapkan kebudayaan Barat tanpa memilih dan menyaring mana yang biak dan yang pantas diambil, namun cenderung meniru pergaulan ala barat. Nilai dan norma mulai bergeser bahkan lambat laun nilai budaya asli Indonesia akan hilang. Perlu sikap kritis untuk menghadapi globalisasi agar yang baik bisa kita terima dan kita tanamkan, dan yang kurang baik dan merusak budaya bangsa Indonesia bisa kita hindari. Dan globalisasi bisa kita jadikan sebagai sarana atau pedoman untuk pembangunan negara bukan untuk merusak budaya bangsa.

Jangan sampai kekayaan budaya bangsa Indonesia hilang akibat globalisasi ! Jangan sampai budaya barat menggantikan kepribadian bangsa Indonesia terutama anak muda sebagai penerus bangsa Yang kita tahu dan kita lihat bahwa budaya barat itu identik dengan kebebasan, kebebasan ini banyak yang disalahgunakan dan menuju pergaulan yang menjerumus pada hal negatif seperti pornografi, kekerasan, sekularisme dan individualisme. Hal ini sangat bertentangan dengan nilai moral bangsa dan pancasila. Inget loh bangsa indonesia itu adalah bangsa yang kaya akan budayanya dan bahasanya, so kalau bukan kita siapa lagi yang akan memajukan budaya bangsa sendiri. Jadilah remaja yang tetap mempertahankan budaya bangsa sendiri biar gak direbut sama negara tetangga, dan yang terpenting tanamkan didalam diri kalian bahwa kalian CINTA INDONESIA .....

Sumber :

0 komentar:

Star Calendar