Rabu, 24 Oktober 2012

PERSAINGAN KETAT ANTARA IPHONE 5 DAN SAMSUNG GALAXY S3


IPHONE 5 VS SAMSUNG GALAXY S III

Iphone 5 pada akhirnya resmi dirilis di bulan september 2012 kali ini dari lebih dari berbagai komentar miring disebutkan bahwa sedikit perbedaan antara apple iphone 5 dengan iphone sebelumnya. Iphone 5 yang dibekali memori internal antara 16, 32, dan 64 gb sama layaknya seperti iphone 4s, tapi mempunyai perbedaan pada kapasitas ram yang lebih baik dibanding iphone sebelumnya. Iphone 5 mempunyai ram sebesar 1gb dan untuk iphone 4s cuma 512 mb. Dapat dipastikan bahwa kekuatan kecepatan kinerja sistem akan lebih baik untuk iphone 5 kali ini.



Sedikit yang agak berbeda pada kamera, masih menggunakan kamera 8 megapiksel dengan perbedaan iphone 5 mempunyai kamera depan 1.2 megapiksel tetapi iphone 4s cuma vga. Kita tidak dapat melihat hasil photo berdasarakan ketajaman pada resolusinya, dikarenakan tingkat ketajaman hasil photo bukan sekedar menurut pada resolusi tetapi banyak faktor yang mengakibatkan gambar akan terlihat bagus dan baik.




Kalau di lihat dari spesifikasi apple iphone 5, dapat dapat kita ketahui bahwa jaringan yang di pakai adalah jaringan 4g network sama halnya dengan iphone 4s yang sudah support dengan jaringan 4g. Tetapi hal ini tidak bisa kita gunakan di Indonesia, karena negara kita ini belum menggunakan jaringan 4g sebagai jaringan yang dianggap bagik untuk mecepatan akses data yang maksimal. Disini saya akan kasih tahu spesifikasi lebih jelas tentang IPHONE 5 :



1. Lebih panjang dan tipis, layar retina
apple-iphone-5-review-0608_610x407

iPhone 5 18% lebih tipis, jika dibandingkan dengan iPhone 4S. Ketebalan iPhone 5 hanya 0,3 inci (7,6mm). Sedangkan iPhone 4S memiliki ketebalan 0,37 inci.

iPhone 5 juga lebih ringan dibandingkan iPhone 4S, yaitu sekitar 112gram.

Tubuhnya diselimuti oleh materi kaca dan aluminium.

iPhone 5 pun lebih panjang dibandingkan iPhone generasi sebelumnya. Hal tersebut disebabkan penggunaan layar 4 inci dengan rasio 16:9.

Semua aplikasi bawaan di iPhone 5 telah diperbarui guna mendukung resolusi dan ukuran layar baru ini. Baris aplikasi di layar iPhone 5 terdiri dari 5 baris.

Selama 5 tahun, jajaran produk iPhone generasi pertama hingga iPhone 4S selalu dibekali layar seluas 3,5 inci dengan aspek rasio 4:3.

iPhone 5 mempunyai resolusi layar 1136 x 640 pixel dengan kerapatan pixel 326 pixel per inci (ppi). Saturasi warnanya terlihat lebih baik karena menggunakan sistem rendering sRGB penuh.

2. Prosesor yang lebih bertenaga

Sebagai dapur pacunya, iPhone 5 dipersenjatai system on chip (SoC) A6. Apple mengklaim kalau prosesor A6 memberi performa grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPhone 4S.

3. Kamera lebih cepat

iPhone 5 memang memiliki sensor kamera iSight yang sama dengan iPhone 4S, yaitu sebesar 8MP. Bukaan lensanya pun sama, f/2. Di mana letak perbedaannya?

Apple mengklaim, iPhone 5 memiliki kamera yang lebih kecil, tetapi dapat menangkap gambar 40persen lebih cepat dibanding iPhone 4S.

Apple juga memperbarui perangkat lunak pada kamera iPhone 5. Ada modus baru panorama yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pemandangan luas.

4. Konektor dock yang lebih kecil
iphone-5-port
Apple sudah tidak menggunakan konektor dock dengan 30 pin untuk iPhone generasi ke-6. Apple lebih memilih menggunakan konektor baru dengan jumlah pin yang lebih sedikit, yaitu 9 buah.

Apple menyebut konektor ini sebagai "Lightning".

Meski demikian, Apple menyediakan adaptor penghubung dari dock konektor 8 pin ke 30 pin agar aksesori lama masih bisa digunakan.

5. SIM Card yang lebih kecil
iphone-5-nano-sim
iPhone 5 menggunakan nano SIM card yang berukuran lebih mini dibandingkan microSIM.

6. LTE
iPhone 5 sudah dipersenjatai dengan koneksi super cepat, LTE. Sudah ada beberapa operator yang menyediakan layanan ini. Namun, fitur ini belum bekerja di Indonesia.

7. Baterai dengan kapasitas yang besar
Apple mengklaim kalau baterai yang ada di iPhone 5 dapat mendukung 8 jam talk time 3G, 8 jam browsing dengan koneksi 3G, 8 jam browsing dengan LTE, 10 jam browsing dengan WiFi, 10 jam untuk menonton video, 40 jam untuk mendengarkan musik, dan 225 jam waktu standby.

8. iOS 6
iphone-5-ios-6
iPhone 5 hadir dengan sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS 6. OS ini hadir dengan aplikasi Apple Maps, Passbook, Siri yang lebih pintar, dan layanan FaceTime melalui jaringan 3G (biasanya harus menggunakan jaringan WiFi).
SAMSUNG GALAXY S III
Samsung Galaxy S III dikenal sebagai salah satu smartphone terpopuler 2012  yang ketenarannya menumbangkan iPhone 4S
Setelah peluncuruannya pada awal Juni lalu, Samsung Galaxy S III memang telah menjadi idola baru ponsel smartphone masa kini. 
Merupakan Smartphone Android micro simcard terbaru dari vendor terkemuka Samsung, dirancang untuk manusia yang melampaui kecerdasan dan memenuhi kebutuhan Anda dengan bepikir seperti yang Anda pikirkan dan bertindak seperti yang Anda lakukan.

Secara keseluruhan Galaxy S III menggunakan sistem operasi Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich). Ia mengusung ukuran layar 4.8 inch dan dilapisi Super AMOLED 720 x 1280 resolution display. Jauh lebih kokoh karena dilapisi dengan teknologi Gorila Glass 2.


Baterai & teknologi NFC

Baterai Samsung Galaxy S III

Salah satu fitur yang diunggulkan di Galaxy S III adalah aplikasi S Beam. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mentransfer file up to 25Mb dengan hanya menempelkan perangkat Galaxy S III. Kemudahan ini berkat dukungan teknologi Near Field Communication (NFC).

Rahasianya dari kemampuan ini ternyata terletak dari baterai yang digunakan. Baterai li-on dengan 3,8 v, 2100 mAh ini juga dipasangkan antena NFC di dalamnya. Baterai ini didesain di Korea Selatan, tapi diproduksi di China.


Lapisan Galaxy S III
Lapisan Samsung Galaxy S III

Saat dipreteli lebih jauh lagi, tim yang mempreteli Galaxy S III ini harus mencopot dua bagian plastik di dalam satu perangkat ini.

Satu lapisan plastik tersebut ternyata berfungsi cukup penting. Lapisan itu berguna untuk melindungi motherboard. Ketika motherbroad-nya dicopot dari tempatnya, terlihat seri Melfas 8PL533 Touch Sensor.


Komponen Samsung Galaxy S III
Komponen Samsung Galaxy S III

Setelah dicopot lapisan plastik yang kedua secara keseluruhan, terlihat sesuatu yang rumit dari Galaxy S III. Bagaimana tidak, dalam satu perangkat yang tergolong kecil ini, mampu menampung banyak komponen yang terhubung satu sama lain.

Ketika motherboard Galaxy S III ini dicopot, bisa terlihat bagaimana semua pusat dapur perangkat ini bekerja. Boleh dibilang di sini elemen penting dipasangkan.

Beberapa di antaranya, Module WiFI Murata M2322007, prosesor Samsung Exynos 4412, Nand Flash Samsung KMVT000LM, Intel Wireless PMB9811X Gold Baseband dan GNSS reveicer Broadcom BCM47511.

APU (Audio Processing Unit)
Audio Processing Unit Samsung Galaxy S III

Setelah melihat bagian depan, kini beralih ke bagian lainnya. Di bagian dari motherboard ini menjadi markas APU alias Audio Procesing Unit.

Karena di sini ditanamkan beberapa komponen penting seperti, Wolfson Microelectronics WM1811 stereo codec, Skyworks SKY77604 Multi-Band Power amplifier, Silicon Image 9244 low-power MHL Transmitter, NXP PN544 NFC Chip dan Infineon PMB5712 RF transceiver.

Kamera
Kamera Samsung Galaxy S III

Di Samsung Galaxy S III ini mengusung kamera berkekuatan 8 megapixel. Kelebihan lainnya terletak pada kemampuannya yang mampu meringkus banyak gambar dengan sekali klik atau brust.

Salah satu rahasia di kamera ponsel ini adalah, sensor image yang menggunakan chipworks X-ray. Ya, hal yang sama juga digunakan oleh kamera milik iPhone 4S.

Sumber :

0 komentar:

Star Calendar