Senin, 04 Oktober 2010

PENGARUH INTERNET DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

SEJARAH INTERNET

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dapat bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awalnya dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

PENGERTIAN INTERNET

Pertama-tama sebelum masuk ke topik pembahasan tentang pengaruh internet di kehidupan sehari-hari, kita harus terlebih dahulu mengerti dan mengetahui apa itu pengertian dari INTERNET. INTERNET atau (inter-network) dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara dan di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar” di internet . Kegiatan ini dapat di analogikan layaknya berjalan–jalan di mal sambil melihat–lihat ke toko-toko tanpa membeli apapun. Elektronik mail (E-mail) fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat /dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Chatting, fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web (WWW) dengan world wide web (WWW) ini anda dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links. Mailing list, fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail.mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi ,pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet . Download adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui interne. File Transfer Protocol (FTP), fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet. Beberapa di internet telah tersedia file atau dokument yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis. Telnet, fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper, fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut. Kita sekarang kita sudah mengetahui sejarah dari internet dan pengertian dari internet tersebut, sekarang kita masuk ke topik yaitu pengaruh internet dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh internet di kehidupan sehari berdampak pula positif dan negatifnya.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI INTERNET DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dampak Positif Dari Internet :

1. Internet dapat kita gunakan untuk mencari berbagai informasi baik ilmu pengetahuan. Informasi ilmu pengetahuan misalnya dapat kita cari di google atau kita juga bisa masuk ke wikipedia.com untuk mencari artikel mengenai pengetahuan yang ingin kita peroleh.

2. Internet dapat kita gunakan untuk memperoleh berita yang sedang update. Banyak situs berita yang sekarang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan berita, misalnya detik.com, vivanews.com, okezone.com, kompas.com dsb. Berita tersebut dapat kita peroleh secara gratis.

3. Bisnis online, kita juga dapat menjalankan bisnis online di internet, dapat berupa PPC, affiliasi, PTR, WEB, dsb.

4. Bergaul di dunia maya melalui website social networking. Situs seperti facebook.com, twitter.com, koprol.com, friendster.com, dsb. Disana kita dapat manfaatkan untuk menjalin silahturahmi dengan siapapun orangnya baik di Indonesia bahkan sampe mancanegara juga secara online.

Dampak Negatif Dari Internet :

1. Akses situs porno yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Dengan begini moral sesorangpun dapat terpengaruh jelek karena baik anak kecil, remaja, bahkan dewasa dapat menikmati situs ini dengan bebasnya.

2. Adanya ancaman dari virus-virus yang ada di dunia maya, kadang seseorang sengaja melakukan penyebaran virus supaya para pengguna internet dapat terpengaruh, maka dari itu berhati-hatilah ketika anda masuk ke suatu website yang terdapat sebuah virus didalamnya yang dapat mengakibatkan komputer yang anda miliki eror atau rusak karena terkena virus.

3. Pencurian data di komputer anda, kadang ada juga hacker yang dengan sengaja melakukan pencurian data-data sensitif pada komputer anda, misalnya foto, password yang disimpan di komputer, salinan dokumen penting, dsb. Seorang Hacker dapat mencurinya dengan cepat bahkan ada pula seorang hacker yang menggunakan pengetahuannya tersebut di bidang IT untuk meminta tebusan dalam sejumlah uang. Maka dari itu, harus selalu berhati-hati jika anda tidak ingin foto, password, salinan dokumen penting anda jatuh ke tangan seseorang yang salah.

Dampak positif dan negatif dari tulisan diatas hanya sebagian kecil dari masalah-masalah dampak positif atau negatifnya sebuah internet di kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi setiap tahunnya selalu berkembang dengan pesat, maka dari itu kita sebagai pemakai teknologi tersebut harus menggunakan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya tidak harus sampai merugikan orang lain atau lingkungan sekitar.

Sumber Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

http://www.hasiaulia.net/2010/09/28/kelebihan-dan-kekurangandampak-buruk-internet/

http://id.shvoong.com/books/1901179-pengertian-internet/

0 komentar:

Star Calendar