Jumat, 29 Oktober 2010

Tugas Untuk Mahasiswa Baru

Tentang STUDENT SITE

Di Universitas Gunadarma terdapat sebuah layanan online yang disebut dengan StudentSite. Layanan via online yang diberikan oleh Universitas Gunadarma ini memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk menjalankan studi bagi para mahasiswa Universitas Gunadarma serta layanan ini dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Dengan membuka situs http://studentsite.gunadarma.ac.id kita bisa melihat fasilitas yang diberikan oleh studentsite.
Studentsite ini adalah fasilitas yang berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif di perkuliahan. Dengan fasilitas ini, membantu mahasiswa untuk mengetahui berbagai informasi, kegiatan perkuliahan, info tentang berbagai macam seminar dan workshop/kursus yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma, dan tugas-tugas dalam perkuliahan. Karena dari itu layanan ini sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma., didalam layanan studentsite, kita dapat menuju ke link yang berhubungan langsung dengan studentsite. Apabila anda termasuk ke dalam mahasiswa universitas gunadarma lakukan AKTIVASI terlebih dahulu dan nikmatilah layanan yang diberikan oleh Universitas Gunadarma.

Fitur-Fitur yang Terdapat Di Student Site
Fitur-fitur yang tersedia di Studensite yaitu :
1.
LOCKER, menyimpan pesan dari dosen (lecture message) yang diberikan dosen kepada mahasiswa yang bersangkutan mulai dari pemberian rangkuman nilai, jadwal kuliah, dan jadwal ujian.
2. ADDRESS BOOK, untuk menyimpan alamat-alamat email teman-teman dari mahasiswa yang bersangkutan.
3. CALENDAR, untuk mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda harian untuk mahasiswa.
4. FILE MANAGER
, untuk menyimpan dan mengelola semua file yang dimiliki.
5. FORUM, untuk berkomunikasi antar sesama mahasiswa dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat dibicarakan pada saat ini.
6. POLLS, untuk dapat menjaring pendapat teman-temannya mengenai suatu topik, peristiwa, maupun fenomena yang sedang terjadi saat ini.
7. BOOKMARK
, untuk mencari informasi melalu internet.
8. HOME, layanan ini adalah halaman utama dari layanan studensite yang berisikan kalender akademik di Universitas Gunadarma.
9. WWW NEWS, layanan ini berisi tentang berita-berita
10. BAAK NEWS, layanan ini berisi tentang info-info terbaru dari Baak Gunadarma tentang kegiatan perkuliahan, pengumuman-pengumuman seperti pengumuman Kursus/Workshop, pengumuman Seminar, dan info-info lainnya.
11. Lecture Message, layanan ini berisi tentang tugas-tugas yang diberikan oleh dosen softskill dan juga berbagai informasi–informasi yang ditujukan untuk mahasiswa tersebut.

12. Rangkuman Nilai, layanan ini berisi tentang rangkuman-rangkuman nilai-nilai yang diperoleh oleh mahasiswa Universitas Gunadarma.
13. Jadwal Kuliah, layanan Ini berisi tentang jadwal perkuliahan sesuai kelas yang dituju.
14. Jadwal Ujian, layanan ini berisi tentang jadwal-jadwal ujian dari mulai UTS sampai UAS.
15. Bebas perpustakaan
16. Surat keterangan
17. Informasi Absensi, layanan ini berisi tentang informasi absensi mahasiswa tersebut.
18. Pendaftaran Lomba Blog, layanan untuk mendaftarkan diri mahasiswa pada kompetisi blog yang sedang dilombakan.
19. Info Seminar, layanan ini berisi tentang informasi seminar yang akan diadakan atau sedang diadakan di Universitas Gunadarma.
20. Tulisan (UG Portofolio), layanan ini berfungsi untuk menulis berbagai macam artikel atau tugas-tugas selain dari mata kuliah softskill.
21. Tugas (UG Portofolio), layanan ini berfungsi untuk mempostingkan tugas-tugas mata kuliah softskill.
22. Deposit Library, layanan ini berfungsi untuk mengupload penulisan.
23. Warta Warga, layanan ini berisi tentang info atau obrolan warga Universitas Gunadarma.
24. Blog Komunitas Perbankan, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas perbankan
25. Blogomunitas Linux, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas linux
26. Blog Komunitas Fotografi, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas fotografi
27. Blog Komunitas Robotika, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas robotika
28. Blog Komunitas Arsitektur, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas arsitektur
29. Blog Komunitas Ekonomi Syariah, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas ekonomi syariah
30. Blog Komunitas Pasar Modal, layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas pasar modal.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
1. Dapat memberitahu dengan cepat kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi tentang beberapa pengumuman yang bersifat penting/mendadak.
2. Dapat mengakses beberapa halaman yang terhubung dengan website utama universitas gunadarma tanpa bersusah payah
3. Multifungsi, bisa menjadi email client, blog pribadi, atau sekedar menjadi tempat mengetahui beberapa pengumuman penting.
Kekurangan
1. Terlalu seringnya studentsite mati/non-aktif, yang menurut analisis saya ini terjadi karena bottleneck/terlalu banyaknya mahasiswa/mahasiswi yang mengakses studentsite dalam kurun waktu tertentu dalam bersamaan
2. Masih tak berfungsinya beberapa utilitis penting dalam studentsite,salah satunya adalah fungsi Calendar yang hingga saya menulis artikel ini masih belum berfungsi.
3. Terdapat beberapa mahasiswa yang sulit dalam melakukan registrasi / aktifasi studentsite. Terdapat beberapa diantaranya yang mengalami kesalahan pada tanggal lahir sehingga mahasiswa tersebut sukar untuk melakukan aktifasi.
4. Terkadang informasi yang ada sudah kadaluarsa. Seperti tugas yang pernah ada di lecture message itu ternyata adalah tugas untuk mahasiswa angkatan 2009.
Situs Student Site :
http://studentsite.gunadarma.ac.id

Star Calendar